Cara Screenshot Panjang di Xiaomi (MIUI 8 9 10 & 11)

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

Gemusnar.com – Pada artikel ini adalah mengenai cara screenshot panjang di Xiaomi dengan versi MIUI 9, 10 dan 11.

Sudah tak asing lagi dengan yang namanya fitur screenshot atau dalam bahasa Indonesia biasa di sebut dengan fitur tangkapan layar.

Saat ini hampir semua ponsel pintar alias smartphone di bekali dengan fitur screenshot ini tak terkecuali Xiaomi.

Dengan fitur screenshot, memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar pada layar smartphone, dengan kata lain memfoto apa saja yang tampil di layar smartphone secara layar penuh.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, fitur screenshot kian menjadi penting keberadaanya.

Di masa sekarang ini screenshot sudah menjadi alat bukti transaksi dan semacamnya.

Biasanya pada saat melakukan jual beli secara online, pembeli akan mengirimkan bukti transfer berupa screenshot transfer menggunakan m-banking, baru penjual akan memberikan barang atau jasanya.

Selain itu, biasanya pengguna akan melakukan screenshot untuk menyimpan informasi atau konten yang nantinya akan di bagikan kepada rekan atau orang lain.

Namun, bagaimana jika konten yang ingin di simpan dalam bentuk gambar tidak cukup hanya dalam satu kali tangkapan layar?, haruskah melakukan screenshot berkali-kali?

Dengan adanya permasalahan tadi, fitur screenshot di kembangkan lagi dan muncul fitur baru yang bernama long screenshot yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan screenshot dengan area yang panjang dengan sekali screenshot.

Nah, berita baiknya adalah sejak Xiaomi melakukan pembaruan MIUI 8, fitur screenshot panjang sudah bisa di gunakan, yang artinya versi MIUI 9, 10 dan 11 juga mendukung fitur screenshot panjang ini.

Lantas bagaimana cara screenshot panjang di Xiaomi?

Untuk melakukan screenshot di Xiaomi sendiri terdapat beberapa pilihan, seperti menekan tombol power + tombol volume, mengusap layar kebawah dengan tiga jari, menggunakan tombol screenshot di panel notifikasi, dan menggunakan tombol pada bola pintas.

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi MIUI 8,9,10, dan 11

  • Buka halaman yang ingin di screenshot panjang
  • Tekan tombol Power + Volume Down (bawah) untuk screenshot
  • Pilih opsi Gulir
  • Layar akan mulai melakukan screenshot panjang
  • Tekan Selesai jika di rasa sudah cukup
  • Terakhir, simpan gambar

PENJELASAN :

1.) Pertama, pastikan sudah berada di halaman atau konten yang ingin di screenshot panjang, misalnya halaman pada daftar kontak wa, chattingan atau lainnya.

2.) Setelah itu lakukan screenshot seperti biasanya dengan menekan tombol Power + Volume bawah atau mengusap tiga jari kebawah atau menggunakan tombol pada panel.

3.) Setelah melakukan screenshot, pilih atau tekan Gulir yang berada di bawah pratinjau hasil screenshot. Pada versi MIUI 10 kebawah tap terlebih dahulu gambar hasil screenshot untuk menampilkan opsi Gulir.

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

4.) Setelah pengguna menekan tombol gulir, maka secara otomatis proses screenshot panjang akan berjalan, layar akan bergulir kebawah untuk menangkap gambar secara keseluruhan.

5.) Proses akan berhenti secara otomatis jika sudah sampai akhir atau bawah halaman. Namun, pengguna bisa menekan tombol selesai jika dirasa konten atau halaman yang diinginkan sudah ter screenshot.

6.) Langkah terakhir adalah menyimpannya ke galeri, pengguna juga bisa mngedit terlebih dahulu atau langsung membagikan hasil screenshot panjang tersebut kepada rekan atau orang lain.

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

F.A.Q Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

1. Kenapa tidak bisa screenshot panjang di Google Chrome?

Nah, terdapat semacam bug dimana fitur screenshot panjang ini tidak berjalan bagaimana semestinya jika digunakan pada aplikasi browser Google Chrome dan Mozila Firefox.

Jika pengguna mencoba melakukan screenshot panjang pada kedua aplikasi browser diatas, pada saat menekan gulir, maka layar hanya akan bergulir kebawah sedikit lalu berhenti.

Nah, untuk mengatasi hal semacam ini, anda bisa menggunakan browser bawaan Xiaomi untuk melakukan screenshot panjang pada halaman suatu web dengan hasil yang lebih maksimal.

2. Xiaomi tipe apa saja yang bisa melakukan screenshot panjang ini?

Untuk tipe sendiri tidak terlalu berpengaruh, semua tipe Xiaomi yang sudah menggunakan MIUI 8, 9, 10 dan 11 pastinya bisa menggunakan fitur screenshot panjang ini.

Saya sendiri sudah mencobanya pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4x dan Xiaomi Redmi Note 7.

PENUTUP

Mungkin itu saja ulasan artikel pada kali ini mengenai cara screenshot panjang di Xiaomi tanpa perlu aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like