Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di Smartphone Android

Cara mengunci jaringan 4g di android

Gemusnar.com – Artikel pada kali ini akan mengulas lengkap mengenai cara mengunci jaringan 4G LTE pada smartphone android (Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan lainnya).

Seperti yang sudah banyak orang pasti tau, sebuah jaringan seluler memiliki tingkatan tersendiri mulai dari yang terkecil hingga tinggi.

Jika di urutkan maka urutannya seperti ini, 2G (Edge), 3G, 3,5G (HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA+), 4G (LTE), dan 5G.

Meskipun hingga saat artikel ini di terbitkan, jaringan 5G belum hadir di Indonesia, namun sudah banyak smartphone yang sudah di lengkapi dengan teknologi jaringan 5G ini.

Dengan begitu, penggunaan jaringan 4G masih menjadi pilihan utama oleh pengguna internet pada saat ini.

Itu karena hampir semua provider / operator seluler pada umumnya menawarkan paket data internet yang lebih besar untuk jaringan 4G di bandingkan jaringan 3G.

Selain itu koneksi jaringan 4G menawarkan kecepatan berselancar yang lebih baik serta lebih stabil.

Namun ada kalanya koneksi jaringan 4G menjadi tidak stabil pada sejumlah tempat atau daerah tertentu yang di sebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satu faktor yang palig sering menyebabkan jaringan 4G tidak stabil adalah, lokasi yang jauh dari letak tower jaringan. Biasanya di tempat pelosok-pelosok desa.

Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan berselancar di internet dan akan sangat menjengkelkan jika kebetulan paket data yang di gunakan adalah paket internet 4G.

Salah satu cara yang bisa di gunakan untuk mengatasinya adalah dengan mengunci jaringan ke 4G saja.

Cara Mengunci Jaringan 4G Menggunakan Di alpad

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling sering di gunakan untuk mengunci / lock jaringan smartphone android, berikut langkah-langkahnya:

Cara mengunci jaringan 4g di android
  1. Buka di alpad lalu ketikkan *#*#4636#*#*
  2. Akan tampil opsi Informasi telepon1, Informasi telepon2 dan Wi-Fi information
  3. Pilih Informasi telepon1 jika jaringan yang ingin di kunci adalah SIM 1 dan sebaliknya
  4. Pada Setel Jenis Jaringan yang Di sukai pilih LTE Only
  5. Selesai, mengunci jaringan berhasil di lakukan

Cara Mengunci/Lock Jaringan Menggunakan Aplikasi

Cara kedua ini bisa di coba jika tidak dapat menggunakan atau tidak berhasil menggunakan cara pertama tadi.

Cara mengunci jaringan 4g di android

Caranya cukup mudah, pertama-tama download dan install terlebih dahulu aplikasi 4G LTE Switcher yang bisa di unduh secara gratis di Google Play Store.

Setelah aplikasi berhasil di install, buka atau jalankan aplikasi 4G LTE Switcher tersebut. Maka akan tampil pengaturan persis seperti pada cara pertama tadi.

Seperti cara pertama tadi, cukup pilih atau atur menjadi LTE Only pada Setel Jenis Jaringan yang Di sukai, Maka jaringan berhasil di kunci ke 4G saja.

Baca Juga : Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Xiaomi

F.A.Q

Kenapa Pengaturan Tidak Muncul Saat Menggunakan Cara Pertama?

Terkadang terjadi semacam bug pada saat menggunakan cara yang pertama tadi. Entah di sebabkan karena proses smartphone yang lambat atau penyebab lainnya.

Biasanya saat mengetikkan *#*#4636#*#* pada di alpad pengaturan tidak muncul-muncul, bahkan hingga beberapa kali percobaan.

Untuk mengatasinya anda bisa melakukannya secara berkali-kali hingga pengaturan tersebut muncul. Namun jika pengaturan tak kunjung belum muncul, ada baiknya anda menggunakan cara yang kedua.

Kenapa Tampilan Pengaturan Berbeda?

Yap, ada beberapa tipe smartphone yang memiliki tampilan berbeda pada pengaturannya.

Misalnya pada perangkat Xiaomi Redmi Note 7 milik saya pengaturan yang di tampilkan hanya terdapat 3 pengaturan yaitu, Informasi telepon1, Informasi telepon2 dan Wi-FI Information.

Berbeda dengan perangkat Asus Zenfone Go yang menampilkan 4 pengaturan yaitu, Informasi telepon, Informasi baterai, Statistik penggunaan dan Wi-FI information.

Meskipun berbeda, tetap saja menu informasi teleponlah yang di gunakan untuk mengunci jaringan.

Kenapa Tidak Bisa Mengunci Jaringan SIM 2?

Terkadang ada kasus di mana jaringan tidak dapat di kunci ke 4G pada SIM2. Hal ini terjadi, karena tak semua smartphone support dual 4G pada setiap slot SIMnya.

Untuk itu sebelum mengunci jaringan, ada baiknya pindahkan kartu paket internetan terlebih dahulu ke SIM 1 agar jaringan bisa di kunci ke 4G saja.

Penutup

Untuk kedua cara di atas bisa di terapkan pada semua jenis smartphone android (Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Asus, dan lainnya).

Mungkin itu saja ulasan pada artikel kali ini mengenai cara mengunci jaringan 4G di smartphone android menggunakan di alpad maupun aplikasi, Semoga bermanfaat.

12 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like