Cara Mengatasi Kamera Hp Error, Gagal, Bermasalah, Tidak Bisa Dibuka

ilustrasi mengatasi kamera error tidak bisa dibuka
Foto: ilustrasi mengatasi kamera error tidak bisa dibuka atau gagal terhubung (sumber: Pixabay.com)

GEMUSNAR – Bagaimana cara mengatasi tidak bisa dibuka atau gagal terhubung?

Mungkin saat ini kamu sedang mengalami masalah pada hp yang gagal tidak bisa terhubung atau tidak bisa dibuka ().

Apa sih yang menjadi penyebab menjadi sehingga tidak bisa dibuka atau gagal?

Simak ulasan lengkap berikut mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa terhubung atau tidak bisa dibuka.

Semua smartphone pada saat ini pastinya dibekali dengan fitur , ini sudah menjadi hal wajib bagi setiap produsen smartphone jika ingin produknya laku di pasaran.

Mengapa demikian?

Hal ini tentu sejalan dengan perkembangan zaman pada saat ini dimana orang-orang suka mengabadikan momen-momen menarik yang terjadi setiap harinya untuk di unggah ke akun sosmed miliknya, itu mengapa menjadi begitu penting untuk sebuah ponsel pintar.

Bahkan tak jarang ada orang atau mungkin kamu sendiri yang mengutamakan kualitas sebagai standar atau penentu pada saat akan membeli sebuah smartphone.

Nah balik ke pembahasan utama mengenai masalah pada hp yang tiba-tiba tidak bisa dibuka atau yang biasanya ditandai dengan peringatan can’t connect to the camera (tidak bisa terhubung ke )

Ada beberepa kemungkinan yang menyebabkan hp menjadi :

  • Terjadi bug pada kamera karena gagal melakukan pembaruan sistem
  • Memori hp penuh karena terlalu banyak aplikasi atau file sehingga menyebabkan kamera
  • Melakukan root pada hp yang berdampak pada keamanan sistem juga bisa menyebabkan kamera menjadi tidak bisa dibuka
  • Kerusakan pada komponen / perangkat keras kamera karena yang disebabkan mungkin karena hp terjatuh dan menghantam benda keras, hp tercebur air dan lainnya.

Jangan keburu kesal dan panik jika kamera hp kamu mengalami dan belum mengetahui secara pasti dari sistem atau komponennya.

Sebelum membawanya ke service center, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi kamera hp bermasalah seperti berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi Kamera Hp Error/Tidak Bisa Dibuka

1. Reboot / Mulai Ulang Ponsel

Penggunaan hp yang terus menerus tentu dapat menyebabkan performa atau kinerja smartphone menurun, ini bisa saja menjadi penyebab mengapa kamera hp kamu mengalami .

Sama seperti tubuh, smartphone kamu juga butuh istirahat agar tidak mengalami overheat yang disebabkan oleh lamanya penggunaan smartphone.

Jika performa smartphone sudah menurun, tentu ini bisa mengganggu kinerja aplikasi sistem salah satunya adalah aplikasi kamera yang akhirnya tidak berjalan dengan semestinya.

Untuk itu kamu perlu mencoba merestart hp kamu untuk mengatasi penurunan performa smartphone yang berdampak pada kinerja sistem.

  1. Tekan dan tahan tombol power
  2. Pilih Restart / Reboot / Mulai ulang
  3. Tunggu hingga proses selesai

Setelah selesai merestart hp cobalah untuk membuka kamera apakah masih tidak bisa dibuka atau sudah kembali normal.

Jika ternyata masih belum teratasi, kamu bisa mencoba metode yang kedua seperti berikut :

  1. Matikan smartphone kamu
  2. Lepaskan sim card dan juga memori eksternal jika ada
  3. Diamkan sekitar satu menit
  4. Pasang kembali memori dan sim card
  5. Aktifkan kembali smartphone kamu

Setelah itu, cobalah untuk membuka kamera hp kamu dan semoga sudah bisa dibuka dan berjalan dengan normal kembali.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Kamera

Biasanya terdapat beberapa aplikasi yang berjalan pada latar belakang, hal ini normal. namun jika terdapat aplikasi yang mengalami error namun tetap berjalan di latar belakang, maka kemungkinan error akan terus berkelanjutan.

Untuk itu kamu bisa mencoba paksa berhenti aplikasi kamera seperti berikut :

  1. Buka pengaturan / setelan
  2. Pilih menu kelola aplikasi / manajer aplikasi
  3. Cari aplikasi kamera
  4. Pilih paksa berhenti

Setelah itu coba untuk buka aplikasi kamera apakah masih terjadi error? jika masih kamu bisa melanjutkan untuk menghapus data aplikasi kamera.

Dengan menghapus data aplikasi kamera, memungkinkan untuk sistem menghapus data yang tersimpan pada aplikasi kamera seperti misalnya history, cache, pengaturan kamera yang tersimpan sebelumnya dan lainnya.

Walaupun seperti kita ketahui, fungsi cache bisa mempercepat proses loading suatu program, namun jika terjadi corrupt pada data yang tersimpan bisa saja menyebabkan kamera menjadi error.

Untuk mengatasi kamera error yang terjadi karena kesalahan pengaturan data kamu bisa mencoba menghapus data aplikasi kamera seperti berikut :

  1. Buka pengaturan / setelan
  2. Pilih kelola aplikasi / manajer aplikasi
  3. Cari dan pilih aplikasi kamera bawaan
  4. Pilih hapus data
  5. Hapus semua data

Setelah itu cobalah untuk membuka kamera lagi dan semoga berjalan normal kembali.

3. Mengetes Menggunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Untuk memastikan komponen kamera masih berfungsi dengan benar, kamu bisa mencoba mengetes kamera menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang banyak tersedia dan bisa kamu download di google playstore.

Download aplikasi kamera di google lalu coba jalankan aplikasi kamera tersebut, apakah bisa berjalan normal? jika iya berarti komponen kamera tidak mengalami kerusakan melainkan.

Untuk itu sementara kamu bisa menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga, saya sendiri saja lebih memilih menggunakan Gcam daripada aplikasi kamera bawaan.

4. Scan Menggunakan Anti Virus

Kamu bisa mencoba mengatasi kamera error dengan melakukan pemindaian menggunakan aplikasi anti virus, karena bisa saja aplikasi kamera menjadi error karena mengalami kerusakan sementara yang disebabkan oleh virus.

Memang hal semacam ini sudah sangat jarang terjadi, namun kamu bisa mencobanya siapa tau memang hp kamu mengalami error karena virus.

Download aplikasi anti virus lalu lakukan pemindaian virus, setelah itu coba buka kemablai aplikasi kamera.

5. Unroot Perangkat

Jika kamu pernah melakukan root pada hp kamu artinya hp kamu berada dalam keadaan root, ini bisa saja itu menjadi penyebab kamera hp gagal tidak bisa dibuka.

Melakukan root pada smartphone memang memiliki beberapa keuntungan diperoleh seperti misalnya mendapatkan akses penuh terhadap hp sehingga nantinya bisa melakukan modifikasi pada apikasi maupun perangkat itu sendiri.

Tetapi terkadang melakukan root bisa berdampak negatif pada perangkat smartphone jika kurang optimal pada saat melakukan proses root. Salah satunya adalah kesalahan dalam menjalankan aplikasi bawaan seperti misalnya kamera.

Nah, oleh sebab itu jika hp kamu berada dalam keadaan root dan tidak bisa membuka kamera, cobalah untuk melakukan unroot pada perangkat smartphone kamu agar sistem perangkat bekerja secara normal kembali dan kamera bisa kembali digunakan.

6. Update Sistem Android

Terkadang ada beberapa orang yang malas atau enggan melakukan pembaruan perangkat lunak saat ada pemberitahuan update sistem, padahal pembaruan sistem memiliki banyak manfaat, seperti misalnya perbaikan bug, penambahan fitur dan patch keamanan terbaru.

Jika kamera kamu mengalami error dan hp kamu mendapatkan notifikasi pembaruan perangkat lunak segera lakukan update tersebut untuk mengatasi kamera error yang terjadi pada perangkat smartphone.

Silahkan cek update terbaru perangkat lunak seperti berikut :

  1. Buka pengaturan / setelan
  2. Pilih tentang ponsel
  3. Pilih pembaruan sistem
  4. Lakukan pembaruan sistem jika ada

Biasanya kamu perlu mendownload file pembaruan sistem yang ukurannya lumayan besar, download saja dan lakukan pembaruan, setelah selesai cobalah bukalah kembali kamera, biasanya kamera akan berjalan normal kembali.

7. Kembalikan Ke Setelan Pabrik / Factory Reset

Jika sampai cara keenam kamera hp masih saja error tidak bisa dibuka, kamu bisa mencoba memilih untuk melakukan factory reset atau mengembalikan ke setelan pabrik.

Tujuannya adalah agar semua data yang tersimpan pada perangkat terhapus secara total sehingga smartphone kamu kembali normal seperti saat pertama kali membeli hp baru.

Dengan begitu, kamera bisa berjalan dengan normal lagi. Adapun cara untuk mealakukan factory reset adalah sebagai berikut :

  1. Buka pengaturan / setelan
  2. Cari lalu pilih setalan tambahan
  3. Atau langsung cari pilih cadangkan & setel ulang
  4. Lalu pilih reset ke setelan pabrik

Selanjutnya kamu tinggal tunggu saja proses factory reset, setelah itu coba kembali buka kamera hp kamu, seharusnya kamera sudah berjalan dengan normal.

8. Bawa Ke Service Center

Jika sampai cara terkahir masih belum juga bisa kembali normal, kemungkinan kompoinen atau perangkat keras kamera mengalami kerusakan yang bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti yang tadi disebutkan diatas.

Untuk itu kamu harus memperbaiki komponen kamera smartphone, namun agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kurangnya alat dan mungkin kurang paham mengenai komponen-komponen pada smartphone ini saatnya kamu membawa smarrphone kamu ke service center.

Ini adalah jalan terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kamera error yang tidak bisa dibuka atau terhubung.

Mungkin itu saja pembahasan pada artikel kali ini, semoga masalah kamera error pada smartphone kamu bisa teratasi dengan cara diatas, semoga bermanfaat guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.